Thursday, August 11, 2011

budidaya lele

Perserta Penataran Budidaya Lele & Kompos Studi Banding


JAKARTA (Pos Kota) – Komandan Detasemen Markas Kodam Jaya, Letkol Inf Masduki, memimpin kegiatan study banding peserta penataran budidaya ikan lele dan pembuatan kompos ke Rumah Kompos Puspa Raya, Budi daya ikan di Markas Divisi Infanteri 1/Kostrad Cilodong dan budi daya ikan lele di Sawangan Depok, Selasa(30/03).

Tergabung dalam rombongan tersebut Pabandya Kemampuan Teritorial Sterdam Jaya, Mayor Inf Harzeni Paine, Kepala Seksi Penerangan Umum pendam Jaya, Mayor Arm Djaeni, peserta penataran yang terdiri dari para personi dari satuan jajaran Kodam Jaya berjumlah 142 personel dan para pelatih penataran berjumlah 25 personil.

Adapun tujuan dari study banding ini untuk lebih memperdalam pengetahuan yang telah di laksanakan secara teori di kelas dan praktek-praktek lapangan lainnya, sehingga dapat lebih mengetahui tentang pembudidayaan lele dan kompos ini yang telah dilaksanakan oleh masyarakat umum untuk kepentingan berbisnis.

Dalam kunjungan study banding pertama dilaksanakan di rumah kompos Puspa Raya Bojong Baru Bojong Gede Depok yang menjadi pelopor dari pemanfaatan limbah rumah tangga adalah anggota Bintaldam Jaya, Kapten Inf Hendry. Dengan lahan yang terbatas dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kompos dengan permentasi, dan menghasilkan kualitas kompos cukup baik dan telah banyak pemesannya untuk kepentingan pemupukan pohon buah-buahan dari wilayah sekitarnya.

Sedangkan dalam kujungan study banding ke Markas Divisi Infanteri 1/kostrad di sana diperkenalkan pembudidayaan ikan lele,patin,mujair nila serta pembudidayaan jamur da kompos dan peternakan kambing. Untuk kunjungan study banding selanjutnya mengunjungi pembudidayaan ikan lele secara moderan seluas 2 hektar milik Lukman di wilayah Sawangan Depok yang telah dikelola secara profesional dan modern.

Dari hasil study banding ini maka para peserta penataran telah memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup luas di bidang pembudidayaan ikan lele dan pembuatan kompos. Dari hasil penataran ini nantinya akan dikembangkan disatuan masing-masing sebagai kader pelatihan satuan.

No comments:

Post a Comment